Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi di Indonesia

Setiap hal di dunia ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu pula dengan sistem demokrasi di Indonesia.
Penyelenggaraan Demokrasi atau kedaulatan rakyat Indonesiaa adalah secara langsung melalui sistim perwakilan. Perwujudan demokrasi di Indonesia ditunjukkan dalam 3 cabang kekuasaan, yaitu Majelis Perwalikan Rakyat[ Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) dan Dewan PErwakilan Daerah(DPD)], Presiden dan Wakil Presiden, dan Mahkamah Agung(Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Kasasi).
Demokrasi Langsung
Kelebihan Demokrasi Langsung § Menjamin kendali warga Negara terhadap kekuasaan politik § Mendorong warga Negara meningkatkan kapasitas pribadinya, seperti meningkatkan kesadaran polotik, meningkatkan pengetahuan pribadi. § Membuat warga Negara tidak tergantung pada politisi yang memiliki kepentingan sempit § Masyarakat lebih mudah menerima keputusan yang sudah dibuat masyarakat lebih dekat dengan politik dan karenanya berpotensi melahirkan kehidupan bersama yang tidak stabil. Penyaluran Kedaulatan rakyat dilaksanakan secara langsung melalui pemilihan umum, pelaksanaan referendum(setuju atau tidak setuju) atas rencana perubahan UUD.
Sedangkan demokrasi perwakilan dilaksanakan oleh dewan perwakilan rakyat yang mewakili rakyat yang memilihnya.

Baca Selengkapnya >> KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DEMOKRASI DI INDONESIA




Kelemahan Demokrasi Langsung § Sulit dioperasikan pada masyarakat yang berukuran besar § Menyita terlalu banyak waktu yang diperlukan warganegara untuk melakukan hal-hal lain dan karenanya bisa menimbulkan apatisme § Sulit menghindari kelompok yang dominan. § Kelebihan dan kelemahan Demokrasi Perwakilan 1. Kelebihan Demokrasi perwakilan § Lebih mudah diterapkan dalam masyarakat yang lebih kompleks jarak yang jauh dari proses pembuatan kebijakan yang sesungguhnya bisa membuat masyarakat menolak ketika di terapkan. § Mengurangi beban masyarkat dari tugas-tugas membuat, merumuskan dan melaksankan kebijakan bersama § Memungkinkan fungsi-fungsi pemerintahan berada di tangan-tangan yang lebih terlatih 2. Kelemahan Demokrasi Perwakilan § Mudah terjebak dalam kepentingan para wakil rakyat yang bertentangan dengan kepentingan masyarakat
ya ini adalah salah satu blog dumy yang ternyata secara tidak sengaja ada trafiknya, yah lumayan lah daripada ngga, abisnya sekaaragn sulit cari waktu buat banyak blog lagi si ya udah banyak blog yang terlantar deh, oke sekarang saya akan fokus lagi kejar setoran maklum udah beberapa bulan kagak cair,, hiiisssh ga bisa nabung deh.. kan ya

0 comments:

Post a Comment